Header Ads

Faidah Dari 4 Kisah Pada Surah Kahfi


Kisah Pertama : Ashhabul Kahfi
Disebutkan kisah Ashhabul Kahfi dan tentang ujian yang diterima oleh hamba-hamba Allah yang bertauhid dan perginya mereka untuk mempertahankan agamanya.
(faidah) wasiat untuk tetap teguh di atas agama dan senantiasa bersama orang yang shalih dan menjauhkan diri dari keburukan dan pelakunya.
Kisah Kedua : Pemilik Dua Kebun
Disebutkan kisah pemilik dua kebun, dan contoh permisalan bagi orang yang tertipu dengan dunia yang fana..
(faidah) cara menjaga diri dari fitnah harta adalah dengan memahami hakikat dunia dan memikirkan akhirat. Maka kesombongan (terhadap harta) yang tidak diketahui di dalamnya keutamaan Allah dan tidak bersyukur kepada Allah maka dapat menghapuskan amal.
Kisah Ketiga : Musa bersama Khadhir
Dalam kisah tersebut terdapat banyak faidah yang agung, diantaranya penjelasan tentang luasnya ilmu Allah dan kemuliaan wali-wali Allah, adab-adab yang berkaitan dengan orang mengajarkan dan belajar serta mengembalikan ilmu kepada asalnya, yaitu milik Allah Ta’ala..
Kisah Keempat : Dzulqarnain
Kisah Dzulqarnain dan sebab-sebab beliau diberikan kerajaan dan kedudukan untuk menegakkan hukum Allah pada timbangan keadilan dan mengambil kekuasaan dari para perusak serta menolong orang-orang yang terzhalimi.


Terj. : Abu Ahmad Ayatullah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.