Header Ads

Kekhususan Surah Al-Baqarah


  • Surah al-Baqarah merupakan surah yang kedua dalam urutan surah dalam al-Qur’an, dan jumlah ayatnya mencapai 286 ayat.
  • Surah al-Baqarah adalah surah yang terpanjang dalam al-Qur’an. Surah ini merupakan surah madaniyyah yang mengandung hukum syariat sebagaimana surah-surah madaniyyah yang lain yang memperbaiki hukum-hukum dan undang-undang syariat yang dibutuhkan oleh umat muslim dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Dalam Surah al-Baqarah terdapat ayat yang terpanjang di al-Qur’an yang terdapat pada ayat 282 yaitu ayat ‘dain’ (tentang hutang).
  • Surah al-Baqarah adalah surah madaniyyah yang berarti ia diturunkan di Madinah al-Munawwarah. Merupakan tujuan dari hikmah Allah Ta’ala bahwa surah ini diturunkan mengandung hukum-hukum dan syariat-syariat yang dibutuhkan oleh umat Islam dalam kehidupannya serta meletakkan asas-asas daulah islamiyyah.
  • Dalam Surah al-Baqarah terdapat ayat yang paling agung, yaitu ‘ayat kursi’.
  • Dalam Surah al-Baqarah terdapat dua ayat yang agung yang memiliki keagungan dan kedudukan yaitu dua ayat terakhir dari surah ini.
  • Surah al-Baqarah merupakan surah yang paling banyak menyebutkan tentang kisah Nabi Musa ‘alaihi al-salaam beserta kaumnya.
  • Surah al-Baqarah merupakan surah madaniyyah yang termasuk surah-surah panjang. Ia juga merupakan surah yang pertama kali diturunkan di Madinah serta di dalamnya  disebutkan lebih dari 100 kali lafzh al-jalaalah.
  • Surah al-Baqarah adalah surah terpanjang di dalam al-Qur’an (penulisannya) memakan porsi hampir dua setengah juz dari 30 juz al-Qur’an.
  • Dinamakan surah al-Baqarah karena hanya dalam surah ini disebutkan kisah tentang al-baqarah (seekor) yang diperintahkan untuk disembelih kaumnya Nabi Musa setelah adanya orang yang dibunuh dan tidak diketahui pembunuhnya.
  • Surah ini adalah surah madaniyyah berdasarkan pendapat ijma’. Permulaan turunnya surah ini adalah setelah hijrahnya Nabi ke Madinah. Sebagai bentuk kemuliaannya, surah ini turun di tahun-tahun awal hijrah dan terus turun hingga beberapa saat sebelum wafatnya Nabi.
  • Ayat al-Qur’an yang terakhir kali turun adalah ayat :

وَٱتَّقُواْ يَوۡمٗا تُرۡجَعُونَ فِيهِ إِلَى ٱللَّهِۖ ثُمَّ تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفۡسٖ مَّا كَسَبَتۡ وَهُمۡ لَا يُظۡلَمُونَ 
Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” [Surah al-Baqarah : 281]

Diterjemahkan oleh:
~ Abu Ahmad Ayatullah ~

Dari:
خصائص سورة البقرة
 سورة البقرة هي السّورة الثّانية في ترتيب السّور في القرآن، ويبلغ عدد آياتها مائتين وست وثمانين آية.
سورة البقرة من أطول سورة القرآن على الإطلاق وهي من السور المدنية التي تعني بجانب التشريع شأنها كشأن سائر السور المدنية التي تعالج النظم والقوانين التشريعية التي يحتاج إليها المسلمون في حياتهم الاجتماعية .
 سورة البقرة تشتمل على أطول آية في القرآن الكريم وهي الآية مئتين واثنتين وثمانين وتعرف بآية الدّين.
 أنّها سورة مدنيّة بمعنى أنّها أنزلت في المدينة المنوّرة، وقد اقتضت حكمة الله تعالى أن تتنزّل تلك السّورة مشتملة على الأحكام والتّشريعات التي تهمّ المسلمين في حياتهم وتضع أسس الدّولة الإسلاميّة الوليدة.
 أنّها السّورة التي اشتملت على أعظم آية في القرآن الكريم وهي آية الكرسي.
 أنّها السّورة الّتي اشتملت على آيتين عظيمتين لهما فضلهما ومكانتهما وهما آخر آيتين في سورة البقرة.
 أنّها السّورة التي كانت أكثر ذكراً لقصّة سيّدنا موسى عليه السّلام مع قومه.
هي سورة مدنية من السور الطول وهي أول سورة نزلت بالمدينة ذكر فيها لفظ الجلالة أكثر من 100 مرة
سورة البقرة أطول سورة في القرآن الكريم، فقد استغرقت جزءين ونصف جزء تقريبا من ثلاثين جزءا قسم إليها القرآن.
وسميت بذلك لأنها انفردت بذكر قصة البقرة التي كلف قوم موسى بذبحها بعد أن قتل فيهم قتيل ولم يعرفوا قاتله.
وهي مدنية بإجماع الآراء، وقد ابتدأ نزولها بعد هجرة النبي إلى المدينة، وقد نزل معظمها في السنوات الأولى من الهجرة واستمر نزولها إلى قبيل وفاة النبي بفترة قليلة.
وكانت آخر آية من القرآن نزولا منها ، هي قوله - تعالى - : وَاتَّقُوا يَوْماً تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ ما كَسَبَتْ وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ.
تابعونا على مجموعة 
معا لحفظ كتاب الله
البسيط في علم التجويد

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.